Komponen Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi
Menurut (Leitch dan Davis) “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat menejerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dengan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan – laporan  yang diperlukan.”
Menurut (Jogiyanto) komponen – komponen sistem informasi terdiri dari :
a. Blok Masukan, input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi.
b. Blok Model, blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
c. Blok Keluaran, produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem
d. Blok Teknologi, teknologi merupakan “kotak alat” (tool-box) dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
e. Blok Basis Data, basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasiya.
f. Blok Kendali, beberapa pengendalian perlu direncanakan dan diterapkan  untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

Komentar

  1. terima kasih buat saudara rahmah suci,informasi anda sangat berguna bagi saya. salam kenal dari saya: Syafrinal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap Analisis Sistem

Sistem Life Cycle

Kriteria Sistem yang Baik