Rabu, 21 Maret 2012

Pengertian Sistem

Untuk dapat memperoleh suatu hasil yang optimal dari suatu perencanaan kegiatan – kegiatan yang penting, maka diperlukan adanya suatu sistem yang tepat guna mencapai tujuan yang diharapkan. Keberadaan suatu sistem sangat penting untuk mengolah data yang ada dalam suatu perusahaan hingga dapat dihasilkan suatu sistem informasi yang berguna sebagai bahan pembantu dalam mengambil keputusan.
Dalam suatu sistem terdapat beberapa subsistem – subsistem yang saling bekerja sama satu dengan lainnya guna mendukung semua kegiatan yang ada dalam perusahaan yang sifatnya rutin. Dengan menjalankan  suatu sistem yang benar dan teratur sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka hal ini dapat membantu kelancaran semua kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
Untuk mengenal sistem secara lebih baik dan benar maka berikut ini pendapat para pakar mengenai pengertian sistem :
Menurut (Mc Leod : 2001 : 11) “Sistem adalah elemen–elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan. Suatu organisasi seperti perusahaan atau satu area fungsional cocok dengan definisi ini”.
Dari pendapat pakar di atas, pengertian umum mengenai sistem dapat dirinci sebagai berikut :
a. Suatu sistem terdiri dari sekumpulan elemen – elemen.
b. Elemen – elemen saling bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
c. Suatu elemen yang  telah ada merupakan bagian dari sistem yang lain yang lebih besar. Jadi keberadaan suatu sistem dibentuk untuk menangani, mengatur serta mengkoordinasikan suatu kegiatan yang rutin terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar